Pejabat struktural Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan Rapat Kerja (raker) yang akan digelar di Yogyakarta hari ini, Jumat (29/10/2021). Selain raker yang dilakukan di salah satu Hotel Bintang 5 di Sleman, pada pagi hari ini, sejumlah pegawai melakukan kegiatan bersepeda bersama. Kegiatan bersepeda bersama ini dimulai dari Markas Kepolisian Sektor Ngemplak dan finish di Warung Kopi Klotok, Pakem, Sleman.

Kegiatan sepeda bersama ini diikuti oleh Pimpinan KPK seperti Firli Bahuri dan Lili Pintauli Siregar. Dilansir dari , rombongan KPK terlihat mulai bersepeda pada 06.30 WIB. Rombongan dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok diberi jeda 2 menit.

Kapolsek Ngemplak AKP M Indar Ismiyanto membenarkan Pimpinan KPK bersepeda bersama di kawasan Ngemplak Sleman. Dia juga mendapatkan perintah untuk mengamankan jalur sepeda. "Kebetulan kami hanya diperintah untuk pengamanan jalur saja. Pada intinya kami ketempatan untuk start dan pengamanan baik start maupun di jalur," ujar Indar ditemui di Polsek Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Jumat (29/10/2021).

Indar menuturkan rute yang dilalui oleh rombongan sepeda anggota KPK ini melalui jalur desa desa dan jalan raya Umbulmartani. "Rute start di Polsek Ngemplak finish di Kopi Klotok. Lewat jalur dalem, jalan raya Umbulmartani itu, Diperkirakan hanya 6 kilo estimasi waktu 45 menit," katanya. Disinggung soal siapa saja peserta sepeda, Indar tidak mengetahui secara pasti.

Dia hanya memastikan rombongan sepeda berkisar 100 orang. Di mana ada pemaparan materi selama 1 jam oleh Ignasius Jonan tentang Strategic Learning: Transformasi Organisasi menuju Purpose driven Organization. Kemudian ada pemaparan materi konsep struktur organisasi KPK.

Pada malam harinya, ada agenda Fun Game dan Team Work Lomba Kreasi Tumpeng yang diikuti oleh sekitar 55 orang peserta (pimpinan sampai dengan eselon 3). Kemudian pada Kamis (28/10/2021), ada pemaparan materi roadmap KPK 2022 2045, pemaparan sistem akuntabilitas kinerja KPK, hingga menikmati hiburan musik di Kejawa Resto. Terdapat petugas PCR tes yang berjaga, secara paralel akan melayani peserta dan seluruh panitia pendukung untuk pengambilan sampel PCR tes guna keperluan penerbangan pulang.

"Selain itu, akan ada pertunjukan stand up comedy dari 2 orang komika regional Jogjakarta," demikian termuat dalam agenda tersebut. Lalu pada Jumat (29/10/2021), terdapat kegiatan sepeda santai dari Mapolsek Ngemplak Yogyakarta sampai Warung Kopi Klotok Kaliurang dengan menempuh jarak sekitar 6 10 kilometer. Berikutnya pada sore hari diadakan rapat pemusnahan hasil sadapan yang tidak relevan.

Rapat ini diikuti pimpinan KPK, Sekretaris Jenderal, dan seluruh deputi, seluruh direktur pada Deputi Penindakan dan Eksekusi. Kemudian Kepala Biro SDM, Biro Keuangan, Biro Hukum dan Direktur Manajemen Informasi, Kepala Pusrenstra dan seluruh staf, hingga Kaset Penindakan dan Eksekusi, Kabag KAP dan Kasetpim. Menjawab kritikan Novel, Sekjen KPK Cahya H Harefa mengatakan, pelaksanaan rapat di Yogyakarta ini sebenarnya sudah diagendakan sejak lama tapi terkendala akibat pandemi COVID 19.

Tak hanya itu, perencanaan secara matang termasuk perhitungan anggaran juga sudah dilakukan. "Rapat intensif yang digelar di Yogyakarta ini telah diagendakan jauh jauh hari baik dari aspek perencanaan anggaran maupun rancangan pelaksanaannya, namun harus tertunda karena kondisi pandemi dan baru bisa dilaksanakan saat ini," kata Cahya dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.