Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) adalah organisasi profesi yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi serta profesionalisme para ahli farmasi di Indonesia. Salah satu cabang PAFI yang aktif berperan dalam mendukung perkembangan bidang farmasi adalah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kota Bojonegoro.

 

Sejarah Singkat

 

PAFI Kota Bojonegoro didirikan sebagai wadah para ahli farmasi di Kota Bojonegoro untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan upaya dalam meningkatkan mutu layanan farmasi di wilayah tersebut. Organisasi ini telah aktif dalam berbagai kegiatan, mulai dari penyuluhan kesehatan masyarakat, pelatihan profesional, hingga advokasi kebijakan yang berkaitan dengan bidang farmasi.

 

Visi dan Misi

 

Visi PAFI Kota Bojonegoro adalah menjadi wadah yang komprehensif bagi para ahli farmasi di kota tersebut dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan etika profesi. Misi utama organisasi ini antara lain:

 

  1. Mengembangkan Kompetensi Profesional: Memberikan pelatihan dan seminar berkualitas tinggi untuk meningkatkan kompetensi para ahli farmasi.
  2. Mengadvokasi Kesehatan Masyarakat: Berperan aktif dalam advokasi kebijakan kesehatan yang berdampak pada pelayanan farmasi yang berkualitas.
  3. Membangun Jaringan Profesional: Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak terkait, seperti instansi pemerintah, rumah sakit, apotek, dan lembaga kesehatan lainnya.
  4. Menyuarakan Kepentingan Anggota: Menjadi suara yang mewakili kepentingan dan aspirasi para anggotanya dalam berbagai forum.

 

Kegiatan Rutin

 

PAFI Kota Bojonegoro secara rutin mengadakan berbagai kegiatan untuk mendukung visi dan misinya, antara lain:

 

  1. Pelatihan dan Workshop: Mengadakan pelatihan dan workshop tentang aspek farmasi yang relevan dan aktual, seperti penggunaan obat yang rasional, farmakovigilans, dan manajemen apotek.
  2. Penyuluhan Kesehatan Masyarakat: Melakukan kegiatan penyuluhan tentang pentingnya penggunaan obat yang benar, pencegahan penyakit, dan promosi kesehatan.
  3. Kolaborasi dengan Pihak Terkait: Berkolaborasi dengan instansi pemerintah, rumah sakit, dan lembaga kesehatan lainnya dalam menyediakan layanan farmasi yang berkualitas.
  4. Kegiatan Sosial: Mengadakan kegiatan sosial seperti donor darah, bakti sosial, dan kampanye kesehatan untuk masyarakat umum.

 

Dukungan Terhadap Profesi Farmasi

 

PAFI Kota Bojonegoro juga aktif dalam mendukung pengembangan profesi farmasi secara keseluruhan, termasuk dalam hal-hal seperti:

 

  1. Pendidikan dan Penelitian: Mendukung pengembangan pendidikan dan penelitian di bidang farmasi untuk menghasilkan tenaga profesional yang berkualitas.
  2. Advokasi Kebijakan: Mengadvokasi kebijakan yang mendukung peningkatan kesejahteraan dan peran strategis ahli farmasi dalam sistem kesehatan nasional.
  3. Pengembangan Etika Profesi: Mengedepankan etika profesi dalam setiap aspek pelayanan farmasi, termasuk dalam hal konseling obat dan pelayanan kepada pasien.

 

Kesimpulan

 

PAFI Kota Bojonegoro merupakan organisasi yang memiliki peran penting dalam memajukan bidang farmasi di Kota Bojonegoro dan sekitarnya. Melalui berbagai kegiatan dan dukungan terhadap profesi farmasi, PAFI Kota Bojonegoro terus berupaya meningkatkan kualitas layanan farmasi serta kontribusinya dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

 

 

Sumber : pafikotabojonegoro.org

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *