Berikut jadwal MotoGP 2021, di mana akhir pekan ini, Minggu (9/5/2021) tidak ada balapan yang berlangsung. Seri ke 5 MotoGP 2021 bertajuk MotoGP Prancis 2021 akan terhampar mulai Jumat (14/5/2021) hingga Minggu (16/5/2021) di Sirkuit Le Mans. Seluruh seri balap MotoGP 2021 dapat disaksikan langsung Trans7 maupun live streaming Usee TV dan Fox Sports via Vidio.com.

(jadwal lengkap dan live streaming di akhir artikel). Performa glamor deretan pembalap Yamaha di MotoGP 2021 hingga seri ke 4 dapat dikatakan ternoda karena catatan minor Valentino Rossi. Tim Yamaha untuk gelaran MotoGP 2021 digawangi oleh empat pembalap.

Keempat rider tersebut ialah Maverick Vinales Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Valentino Rossi Franco Morbidelli (Yamaha Petronas SRT) Dominasi Yamaha sangatlah terasa dalam keempat seri yang telah berlangsung, mulai dari GP Qatar, Doha, Portugal dan terbaru Spanyol. Dari empat rider yang dimiliki oleh Yamaha, tiga di antaranya sudah pernah naik podium.

Satu satunya pembalap yang gagal naik podium ialah Valentino Rossi. Jangankan untuk bersaing di grid depan, rider asal Italia itu dalam empat seri yang telah berlangsung tak pernah mengakhiri balapan masuk 10 besar. Bukti ini membuat Valentino Rossi mencoreng dominasi Yamaha di MotoGP 2021 hingga seri ke 4.

Padahal, Rossi merupakan satu satunya rider dari tim satelit yang mendapatkan spek motor yang tak beda dengan kuda besi yang digunakan oleh Vinales maupun Quartararo dari tim pabrikan. MotoGP Qatar yang merupakan seri pembuka MotoGP 2021, Maverick Vinales mampu mengakhiri balapan sebagai perengkuh podium utama. Fabio Quartararo menunjukkan penampilan gemilang di MotoGP Doha dan MotoGP Qatar dengan meraup poin sempurna, yakni 50.

Sedangkan Franco Morbidelli yang notabene nya tak didukung dengan spek motor kelas A, namun ia mampu meraih podium ketiga pada MotoGP Spanyol beberapa waktu yang lalu. Lantas bagaimana dengan catatan Valentino Rossi? Pada seri pembuka MotoGP 2021, tepatnya di Qatar, Rossi mengakhiri balapan di urutan ke 12.

Satu pekan kemudian bertajuk MotoGP Qatar, masih berlangsung di lintasan yang sama, The Doctor menutup balapan di posisi ke 16. Penampilan kian merosot dimiliki juara dunia sembilan kali ketika mengaspal di Portimao. Rossi tak mampu menyentuh garis finis alias DNF saat balapan di MotoGP Portugal 2021.

Alih alih memperbaiki performa, rider asal Italia itu terus menampilkan performa jeblok di GP Spanyol dengan mengakhiri balapan di urutan 17. Rentetan hasil negatif ini membuat Rossi kini tercecer di urutan 21 klasemen MotoGP 2021 lewat koleksi dua poin. Musim ini memang menjadi tolak ukur bagaimana nantinya Rossi akan mengambil keputusan untuk masa depannya.

Ia pernah menyatakan andai MotoGP 2021 dirinya gagal kompetitif, maka ia memutuskan untuk gantung helm. Layak ditunggu bagaimana Rossi mencoba untuk memperbaiki penampilannya di sisa balap MotoGP 2021 . 28 Maret GP Qatar, Sirkuit Losail

April GP Doha, Sirkuit Losail 18 April GP Portugal, Sirkuit Portimao Mei GP Spanyol, Sirkuit Jerez

16 Mei GP Prancis, Le Mans 30 Mei GP Italia, Sirkuit Mugello Juni GP Catalunya, Sirkuit Catalunya

20 Juni GP Jerman, Sachsenring 27 Juni GP Belanda, Sirkuit Assen 11 Juli GP Finlandia, KymiRing*

15 Agustus GP Austria, Red Bull Ring 29 Agustus GP Inggris, Sirkuit Silverstone 12 September GP Aragon, Sirkuit Aragon

19 September GP San Marino, Sirkuit Misano Oktober GP Jepang, Sirkuit Motegi 24 Oktober GP Australia, Phillip Island

31 Oktober GP Malaysia, Sirkuit Sepang 14 November GP Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo 11 April (belum ada waktu pengganti) GP Argentina, Sirkuit Termas de Rio Hondo

18 April (belum ada waktu pengganti) GP Americas, Sirkuit Americas Disclaimer: Jadwal MotoGP 2021 dapat berubah sewaktu waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published.