Survei terbaru yang dilakukan Job2Go menemukan kantor yang keren dan kekinian belum tentu menjadi aspek utama bagi para pencari kerja. Aspek yang dianggap paling penting bagi para pencari kerja di masa pandemi adalah stabilitas perusahaan, pendapatan dan jenis pekerjaannya. Perusahaan yang paling diminati adalah BUMN (50 persen), perusahaan swasta asing (30 persen), dan startup lokal (20 persen).

Dari hasil survei, 10 besar perusahaan impian para pencari kerja adalah kombinasi antara BUMN/Pemerintah, startup lokal, dan perusahaan swasta ternama. Survei dilakukan untuk mengetahui tren dan perilaku pencari kerja di Indonesia selama masa pandemi COVID 19 pada tahun 2021. Untuk survei ini, Job2Go sebuah startup yang menyediakan akses pekerjaan dan keuangan ini menggandeng Survego.com yang diikuti oleh 426 responden pencari kerja dan pekerja dengan rentang usia 20 tahun sampai 41 tahun pada di sejumlah kota besar di Indonesia.

Founder dan CEO Job2Go.net, Kurniawan Santoso mengatakan, hasil survei menunjukkan, tren pencari kerja di Indonesia paling banyak memanfaatkan situs atau aplikasi pencarian kerja untuk mencari lowongan pekerjaan beserta perusahaan yang membuka lowongan. "Saat ini tren pencari Indonesia lebih menyukai mendaftar pekerjaan melalui aplikasi lowongan pekerjaan seperti Job2Go, dikarenakan cara mendaftar yang mudah dan bisa mendaftar ke sekaligus banyak lowongan pekerjaan" lanjutnya. Setidaknya ada 4 bidang pekerjaan yang paling diminati di masa pandemi Covid 19; diantaranya bidang Bisnis dan Manajemen, sales dan marketing, HRD, dan Operasional.

Sedangkan bidang pekerjaan yang paling sedikit diminati adalah pertanian dan pertukangan. "Posisi posisi paling diminati tersebut terpilih karena menurut hasil survei, para pencari kerja di masa pandemi lebih menyukai pekerjaan full time dibandingkan volunteer atau pekerjaan kontrak." imbuhnya. Tiga faktor utama dalam memilih tempat bekerja yaitu pekerjaan sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki, gaji dan tunjangan yang memuaskan, dan stabilitas perusahaan dan pekerjaannya.

“Pengaruh sosial media dalam career path membuat para pencari kerja menyadari bahwa pekerjaan harus sesuai dengan minatnya, sehingga faktor utama dalam memilih tempat bekerja adalah kesesuaian pekerjaan dengan minat dan kemampuan baru disusul dengan gaji. Adapun gaji yang diharapkan oleh rata rata pencari kerja saat ini adalah gaji harus sesuai dengan UMR/UMK baik bagi mereka yang sudah menikah maupun belum menikah. Kurniawan menambahkan, survei yang dilakukan bersama Survego.com bersamaan dengan kegiatan Job2Go Virtual Job Fair 2021.

Selain menyediakan wadah pertemuan pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan, kami ingin memberikan inspirasi dan motivasi, khususnya kepada fresh graduates dan pencari kerja pada umumnya. "Ditambah JobFair kali ini kami menggandeng APRINDO sebagai strategic partner yang membantu menghimpun perusahaan perusahaan ritel yang membuka lowongan pekerjaan," kata Kurniawan Santoso. Job2Go, startup berbasis teknologi yang menghubungkan perusahaan dengan para pencari kerja, menghadirkan Job2Go Hybrid Job Fair 2021 yang diadakan pada 11 November hingga 21 November 2021.

Selain melamar pekerjaan, para peserta dapat mengikuti rangkaian acara secara online seperti pelatihan, webinar, talkshow, penilaian diri & sertifikasi, expo perusahaan, konsultasi karier dan virtual walk in interview melalui homepage www.job2go.net/jobfair.

Leave a Reply

Your email address will not be published.