Sunscreen merupakan produk skincare yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih. Di pasaran produk ini terdiri dari beberapa jenis, tergantung dari kemampuannya dalam menangkal paparan sinar UV, dan penggunaannya sesuai dengan jenis kulit.

Bagi kulit normal dan kulit kering, ada banyak jenis produk sunscreen yang bisa kamu pilih. Tapi sunscreen untuk kulit berminyak harus dipilih secara selektif. Ini penting, mengingat salah dalam memilih produk perlindungan, resikonya tergolong tinggi.

Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berminyak

Sunscreen bekerja dengan cara menembus lapisan teratas kulit agar mampu menyerap sinar matahari dengan baik, sebagaimana layaknya spons. Ada sejumlah bahan kimia aktif yang ditambahkan sebagai penghalang radiasi sinar UV ke kulit.

Sunscreen sendiri terdiri dari dua jenis, yakni sunscreen kimiawi dan mineral. Khusus untuk sunscreen kimiawi, beberapa bahan yang ditambahkan diantaranya oxybenzone, avobenzone, dan octocrylene. Sementara untuk sunscreen mineral, umumnya terbuat dari zinc oxide dan titanium dioksida.

Kandungan senyawa dalam sunscreen kimiawi umumnya tidak berwarna dan terasa ringan di kulit, dengan fungsi utama sebagai penyaring sinar UVB. Namun dengan perkembangan teknologi, kini sudah banyak produk yang juga bisa bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UVA.

Dari kedua jenis sunscreen, sunscreen untuk kulit berminyak umumnya berjenis mineral dengan kandungan titanium dioksida dan zinc oksida. Kedua bahan tersebut dinilai jauh lebih bersahabat bagi pemilik kulit berminyak yang cenderung mudah berjerawat.

Selain itu, pemilik kulit berminyak dan mudah berjerawat pun sangat disarankan untuk memilih produk yang bersifat non-komedogenik dan water-base. Produk-produk tersebut secara khusus dirancang untuk mencegah pembentukan jerawat dan menurunkan resiko penyumbatan di pori-pori.

Tapi ingat, kamu pun wajib memperhatikan kandungan kandungan SPF-nya. Untuk kulit berminyak, sunscreen dengan SPF 15 dinilai sudah cukup ampuh melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun agar lebih optimal, kamu bisa memilih produk dengan SPF 30 ke atas.

Kapan dan Dimana Harus Gunakan Sunscreen?

Sesuai dengan fungsinya, kamu disarankan untuk menggunakan sunscreen saat beresiko terpapar sinar UV. Jadi bagi pemilik kulit berminyak yang sering beraktivitas di luar ruangan, menggunakan sunscreen jadi hal penting yang wajib dilakukan.

Selain itu, sunscreen wajib digunakan saat kamu berada di wilayah dengan paparan sinar matahari melimpah, terutama wilayah tropis dengan sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun.

Sementara bagi mereka yang beraktivitas di dalam ruangan, penggunaan sunscreen tidak wajib, tapi masih disarankan karena sinar UV bisa menembus permukaan kaca. Penggunaan sunscreen dengan SPF 15 dinilai sudah sangat cukup buat kamu.

Untuk memberi perlindungan yang lebih optimal terhadap paparan sinar UV, selain dengan menggunakan sunscreen untuk kulit berminyak, kamu sangat disarankan untuk menggunakan Biore New UV sunscreen Oil Control Matte dari KAO.

Produk ini hadir dengan formula #3in1UVCare yang bekerja melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar UV berlebih. Tidak hanya itu, dengan shine control formula, Biore New UV sunscreen Oil Control Matte dapat membantu kamu mengontrol minyak berlebih, dan mencegah jerawat.

 

Referensi:

Cancer.org. Diakses pada 2022. Choose The Right Sunscreen.

Dermnet Nz. Diakses pada 2022. How to Choose and Use Sunscreen.

Melanoma Foundation. Diakses pada 2022. Facts About Sunscreen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.